atap-metal-14.jpg

Jenis Genteng Ringan untuk Atap Baja

Seiring berjalannya waktu, inovasi dan kelebihan yang terdapat pada genteng. Pada penggunaan genteng baja ringan juga harus di bubuhi genteng yang ringan pula. Nah, apa saja jenis genteng ringan tersebut?

Genteng adalah komponen untuk pembuatan atap, berasal dari tanah liat, kayu, batu, serat, aspal, plastik, asbes dan logam. Nantinya genteng akan tersusun saling tertindih untuk melindungi bagian dalam rumah.  Jenis genteng ringan untuk atap baja adalah sebagai berikut:

  1. Genteng Metal

Genteng metal merupakan jenis genteng yang sering digunakan pada perumahan-perumahan. Genteng yang terbuat dari bahan dasar metal ini sangat sesuai pada pemakaian kuda-kuda rangka baja karena berat genteng metal lumayan ringan. Jenis genteng ini dapat menghemat material karena bentangan yang cukup luas sehingga juga mudah dalam proses pemasangannya. Terbuat dari metal menjadikan genteng ini anti bocor, tidak mudah panas dan terbakar. Genteng metal juga dilapisi dengan bahan anti karat sehingga tidak perlu melakukan pengecatan ulang.

  1. Genteng Terakota

Genteng ringan selanjutnya adalah genteng terakota. Genteng ini terbuat dari tanah liat yang melalui proses tradisional. Awalnya tanah liat dipadatkan, dibentuk dan setelahnya dibakar. Kemudian dijemur di bawah terik matahari. Hanya saja ukuran dan bentuk tidak bervariasi sehingga Anda tidak dapat memilih sesuai keinginan.

  1. Genteng Aspal

Meskipun rumah di Indonesia lebih banyak menggunakan genteng dari tanah liat, namun saat ini tidak sedikit yang menggunakan genteng aspal atau dikenal dengan sebutan bitumen. Bobot genteng aspal jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan genteng yang terbuat dari tanah liat. Hawa panas akan diserap oleh genteng aspal ini sehingga rumah tetap terasa sejuk dalam cuaca panas sekalipun.

  1. Genteng Sirap

Genteng yang biasa disebut genteng kayu ulin ini merupakan jenis genteng populer dan memiliki kualitas diatas rata-rata. Terbuat dari kayu ulin yang memiliki ketahanan sangat baik terhadap perubahan suhu, cuaca, kelembaban dan serangga.

Itulah 3 jenis genteng ringan yang dapat dipasang pada atap baja, semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

adminJenis Genteng Ringan untuk Atap Baja
Share this post

Join the conversation

Related Posts