construction-worker-956496_960_720.jpg

APA ITU PELATIHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)? DAN UNTUK SIAPA?

Resiko kecelakaan bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja, termasuk di tempat anda bekerja. K3 atau kepanjangan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan salah satu peraturan dari pemerintah yang tujuannya menjamin kesehatan juga keselamatan dalam bekerja. Keselamatan dan Kesehatan kerja merupakan kondisi dimana dalam pekerjaannya para pekerja, perusahaan, masyarakat dan lingkungan sekitarnya sehat juga aman. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memberikan pelatihan K3 sebagai usaha mencegah perbuatan maupun kondisi yang menyebabkan kecelakan.

Pelatihan Keselamatan dan kesehatan Kerja untuk siapa?

Pelatihan K3 ini diperuntukkan bagi semua pekerja yang tempat bekerjanya di segala tempat. Pada dasarnya, setiap pekerja yang ada di Indonesia ini memiliki hak atas K3 tersebut. Adapun hak dan kewajiban tenaga kerja menurut UU No.1 tahun 1970 pasal 12 adalah sebagai berikut.

– Memberikan keterangan yang sebenar-benarnya jika diminta oleh pengawas atau ahli K3.

– Mentaati dan memenuhi syarat-syarat K3 yang sudah diwajibkan.

– Menggunakan alat perlindungan diri yang sudah diwajibkan.

– Meminta pada pengurus agar semua syarat K3 yang sudah diwajibkan tersebut dilaksanakan.

Tugas Pengawas dalam hal K3

Pengurus atau pengawas K3 adalah ahli K3 yang tugasnya memimpin langsung tempat kerja tersebut. Petugas bertanggung jawab atas beberapa hal, yang meliputi:

– Memeriksakan kondisi mental, kesehatan badan, dan kemampuan fisik tenaga kerja baik yang diterima maupun yang akan dipindahkan sesuai sifat pekerjaannya.

– Memeriksa seluruh tenaga kerja yang ada di bawah pimpinannya secara berkala pada dokter yang sudah ditunjuk.

– Jika ada tenaga kerja baru, maka pengawas menunjukkan dan menjelaskan beberapa hal terkait; kondisi juga bahaya yang dapat timbul di tempat kerja tersebut, semua alat perlindungan yang diwajibkan, serta cara dan sikap aman dalam bekerja.

– Bertanggung jawab atas pencegahan kecelakaan dan dalam pemberian pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.

– Melaporkan setiap kecelakaan yang terjadi di tempat kerja yang ia pimpin.

Itulah beberapa hal terkait K3 yang perlu dipahami oleh setiap tenaga kerja dan perusahaan. Maka dari itu, pelatihan K3 perlu dilakukan dengan tujuan dapat meningkatkan pengetahuan, pengertian, pengalaman, juga keterampilan fisik/non fisik peserta.

adminAPA ITU PELATIHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)? DAN UNTUK SIAPA?
Share this post

Join the conversation